Pengembangan Modul Matematika Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) untuk Siswa Madrasah Aliyah
Kata Kunci:
Pembelajaran Modul Matematika, Setting Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair ShareAbstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan paket modul pembelajaran seting pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Paket produk yang akan dihasilkan terdiri dari tiga komponen yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Modul Pembelajaran Matematika (MPM), dan Tes Hasil Belajar (THB). Pengembangan paket menggunakan 4-D Thiagarajan yang dilakukan dalam empat langkah, yaitu fase pendefinisian, fase desain, fase pengembangan, dan fase diseminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket modul ini valid, praktis, dan efektif berdasarkan evaluasi ahli dan hasil uji coba terbatas. Validitas paket modul Matematika berdasarkan validasi ahli telah memenuhi kriteria valid yaitu (1) validitas koefisien RPP sebesar 100%, (2) validitas koefisien validitas modul Matematika sebesar 85%, dan (3 ) validitas koefisien THB adalah 83,3%. Hal ini menunjukkan bahwa paket modul Matematika berada pada kategori valid. Kepraktisan paket berdasarkan pengamatan pelaksanaan paket sudah memenuhi kategori terimplementasi tuntas. Keefektifan paket telah memenuhi empat indikator keefektifan yang ditunjukkan pada (1) persentase kelulusan klasikal hasil belajar sebesar 90,1%, (2) terpenuhinya 8 kategori aktivitas siswa, (3) respon positif sebesar 80% siswa pada proses pembelajaran dan modul Matematika, (4) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik..
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Abdul Majid, Muamar Qadar, Fitri Rezki Amaliah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.