Meningkatkan Kecerdasan Ekologis Melalui Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek
Abstrak
Masyarakat berhadapan dengan udara yang berpolusi, air yang tercemar, maupun tanah yang sudah tidak subur. Kerusakan lingkungan ini, tidak lepas dari campur tangan manusia dan dunia pendidikan. Kecerdasan ekologis dapat ditanamkan kepada generasi muda melalui dunia pendidikan sebagai upaya untuk menghadirkan kecintaan mereka terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ekoliterasi berbasis proyek dalam meningkatkan kecerdasan ekologis mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desan One-Group Pretest-Posttest Design. Data yang dianalisis adalah data kecerdasan ekologis mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran ekoliterasi berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kecerdasan ekologis mahasiswa yang dikategorikan efektif baik secara deskriptif maupun secara inferensial yang ditinjau dari skor kecerdasan ekologis dan peningkatannya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fawziah Zahrawati B, Syahrul, Nursaptini, Depict Pristine Adi, Debi Wulandari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.