Meningkatkan Kecerdasan Ekologis Melalui Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek

Penulis

  • Fawziah Zahrawati B IAIN Parepare
  • Syahrul Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Nursaptini Universitas Mataram
  • Depict Pristine Adi UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember
  • Debi Wulandari IAIN Parepare

Abstrak

Masyarakat berhadapan dengan udara yang berpolusi, air yang tercemar, maupun tanah yang sudah tidak subur. Kerusakan lingkungan ini, tidak lepas dari campur tangan manusia dan dunia pendidikan. Kecerdasan ekologis dapat ditanamkan kepada generasi muda melalui dunia pendidikan sebagai upaya untuk menghadirkan kecintaan mereka terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran ekoliterasi berbasis proyek dalam meningkatkan kecerdasan ekologis mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desan One-Group Pretest-Posttest Design. Data yang dianalisis adalah data kecerdasan ekologis mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran ekoliterasi berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kecerdasan ekologis mahasiswa yang dikategorikan efektif baik secara deskriptif maupun secara inferensial yang ditinjau dari skor kecerdasan ekologis dan peningkatannya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23